SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 28 April 2014

SISTEM OPERASI (OS) DAN JENIS JARINGAN


SISTEM OPERASI (OS)

MS-DOS (Microsoft Disk Operating Sistem) dan PC-DOS (Personal Computer Disk Operating Sistem)
                   kelebihan:
1.        DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut).
Kekurangan:
       1.        DOS tidak GUI jadi otomatis lebih ribet, karena pakai Command Line Interface.
              2.        Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, jika akan menjalankan program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya.


WINDOWS
Kelebihan :
1.      Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
2.       Banyak software berbasis Windows
3.      Dukungan driver yang lebih banyak
4.      Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
5.      Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
6.      Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
                          Kekurangan :
  1. Sistem operasi ini berbayar
  2. Instalasi yang lebih sulit dibandingkan sistem operasi linux
  3. Rentan terhadap serangan virus.
NOVELLL NETWARE
Kelebihan
1.      Software jaringan.
2.      Kecepatan komunikasi antar PC dalam LAN.
3.      Manajemen jaringan mudah.

Kekurangan:
1.       Diawal –awal novell memang sangat berjaya dalam hal jaringan yang murah meriah, karena tidak ada kompetitor. Keunggulan uatam yang dikenal adalah dalam hal print fole share-nya. Tetapi sesuai perkembangan saat ini kemampuan microsoft dalam hal networking ternyata lebih bagus lagi dibanding novell.
2.      Software bawaan di storage Network memang tidak secerdas server Novell, walupun fungsinya sama. Karena system operasi sudah ada di server tersebut. Sedangkan storage tanpa sistem operasi.
3.      Kekurangan yang paling dasar pada Novell yaitu harus tergantung pada tripartid.

OS/2

Kelebihan :
Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
Banyak software berbasis Windows
Dukungan driver yang lebih banyak
Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
Kelebihan yang lain… duitnya banyak. Kalau duitnya banyak mau apa saja lebih unggul dari lainnya.

Kekurangan

1.      Harga licensi mahal
2.      Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
3.      Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
4.      Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
5.      Sistem yang kurang stabil
6.      Banyak orang tahu bahasa pemrogamannya dan banyak orang pakai karena itu banyak juga yang buat virus untuk Windows dibanding yang lainnya (lebih cepat beken dan tersebar tentunya)..

               
             UNIX
Kelebihan :
  1. Portabilitas yaitu dapat diadaptasikan dengan mudah ke komputer lain
  2. Multiuser, dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus
  3. Multitasking, dapat menjalankan tugas secara bersamaan dalam satu waktu
  4. Sistem file hirarkikal, pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
  5. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
  6. Mempunyai kinerja yang lebih baik daripada Windows NT
  7. UNIX adalah sistem operasi yang hampir gratis
Kelemahan :
  1. Tampilan kurang menarik
  2. Membutuhkan memori yang cukup besar
  3. Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.
  4. Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
  5. Sulit digunakan untuk pengguna awam

                  LINUX
         Kelebihan
1.      Linux Bersifat open source, terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya (LISENSI FREE)  dan semuanya boleh di utak atik.
2.      Sekarang Linux sudah mudah di operasikan. Bahkan sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya beda dengan dulu pengguna linux identik dengan para hacker.
3.      Lebih unggul dalam hal keamanan karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.
4.      Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
5.      linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum
6.      Linux mempunyai berjalan di dua mode.
Linus lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.

Kekurangan
1.      User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
2.      Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
3.       Instalasi linux tidak semudah Instalasi windows.
4.      Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
5.       Bagi administrator sistem perlu belajar dahulu karena belum terbiasa dengan Unix-like,
6.      Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.


                             JENIS JARINGAN 

Jenis jaringan yang sering digunakan secara umum dibagi dalam 3 kelompok, yakni:
1.      LAN (Local Area Network)
LAN merupakan suatu jenis jaringan komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.
Kelebihan LAN
LAN dapat dihubungkan dengan berbagai cara seperti kabel pasangan, serat optik, kabel telepon, dan cahaya inframerah, serta isyarat radio. Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer dikenal dengan topologi. Setiap topologi perlu melaksanakan kerjasama yang biasa ditemui dalam jaringan yaitu pesan dari satu komputer ke komputer yang lain atau petunjuk supaya menjalankan tugas yang tersimpan di dalam jaringan.
Kekurangan LAN :
LAN hanya dapat menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu seperti di dalam kampus, dalam sebuah bangunan, dan dalam ruang yang yang seringkali dihubungkan dengan minikomputer. Namun begitu, jarang sekali LAN meliputi kawasan yang lebih dari satu gedung.


2.       MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis jaringan komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis jaringan komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.
Kelebihan MAN
MAN dapat melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan MAN.

      Kekurangan MAN
MAN hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat bersaing atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti membuka dan mengambil data dari sebuah komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna. 

3.       WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
Kelebihan WAN
WAN dapat menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi, contoh menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia. Jaringan WAN berupaya menghubungkan sekolah-sekolah di Florida dengan tempat-tempat lain di dunia sebagai contoh Tokyo hanya dalam waktu beberapa menit saja, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon.


Kekurangan WAN
Jaringan WAN ini lebih rumit dan kompleks. Ia memerlukan perbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Wavy Tail